Selasa, 07 September 2010

Google Adsense: Program DTP dari Google, Bagaimana Mendaftar

Kau sering mengais receh? Ingin mengkoleksi recehan di media daring? Ya,di dunia nyata kau mungkin menyukai mengumpulkan recehan. Sekarang bagaimana jika kau mengumpulkan receh di dunia maya? Banyak program online menawarkan pengumpulan uang di internet. Salah satunya program DTP (Dibayar Tiap Pencet).
Dengan menggunakan program DTP, kau akan dibayar setiap kali orang memencet iklan yang kau pasang disitusmu. Semakin banyak pencet, semakin banyak uang. Program Dibayar Tiap Pencet ini juga mempunyai bentuk dan jenis yang banyak -- mulai dari DTP versi Amerika sampai versi Indonesia sendiri.
Google adsense adalah salah satu program Dibayar Tiap Pencet yang paling popular dan terpercaya. Ia program dari Google. Untuk menggunakan layanan ini, kau terlebih dahulu harus mempunyai sebuah situs atau blog dalam bahasa inggris yang dikelola dengan rutin. Dengan kata lain, kau harus mengurus situsmu setiap hari.
Kenapa Bahasa Inggris? Yah, alasannya adalah karena Google Adsense belum mendukung situs/blog berbahasa Indonesia. Ia langsung menolak jika kau mendaftarkan situs Bahasa Indonesiamu.
Setelah kau mendaftar di google adsense, kau akan diberi deretan kode. Kau pasang kode ini di situsmu. Kode itu akan berubah menjadi iklan yang disesuaikan dengan tema tulisan di situsmu. Semisal kau menulis mengenai Anjing, maka iklan yang tampil adalah sesuatu yang berkenaan dengan anjing seperti, toko anjing, pelayanan kesehatan anjing, penanganan anjing gila dsb.
Ketika orang mengklik anjing-anjing tersebut, maka kau mendapatkan dollar. Karena itu penempatan iklan ini bisa kau spesifikasi. Artinya kau dapat menempatkan kode tersebut di posisi warapping, seperti yang pernah aku tulis pada posting How To Wrap Google Adsense in Blogger Blog Posts. Ini akan memberi banyak kesempatan bagi pengunjung untuk memencet iklanmu. Cara lain adalah bergabung dengan program peningkatan Google Adsense melalui situs pembagian untung macam hubpages atau squidoo.
Jika recehanmu terkumpul banyak dari google adsense, kau dapat mencairkannya ke rekeningmu atau mengambilnya lewat paypal dan western union.
Namun masalahnya adalah kau tidak dapat mendaftar ke google adsense dengan mudah. Pendaftarannya ketat. Berbeda dengan Google Adsense jaman dulu, google adsense yang sekarang agak rewel dan memberimu alasan macam-macam untuk penolakannya. Selain tipe dan Bahasa situs yang harus mendukung, Google Adsense seringkali mempertimbangkan pemeliharaann situs. Situs yang tidak terpelihara akan agak susah untuk diterima oleh Adsense. Nah, berikut ada sedikit trik untukmu mendaftar Google Adsense.

Ciptakan blogmu di blogspot

Karena blogspot adalah anak dari Google dan merupakan saudara dari Google Adsense, maka sedikit praktek nepotisme disini akan membuatmu lolos dari pendaftaran. Itu menurut penngalamanku.

Tulis sedikitnya 5 artikle Bahasa Inggris

Isi blogmu dengan tulisan-tulisan unik dalam bahasa Inggris, bukan tulisan salin-tempel (copy-paste). Paling tidak, kau harus menulis lima artikel atau lebih. Ini bagian dari pertimbangan Google.

Beri sedikit tautan ke blogmu

Blog yang mempunyai tautan dari situs lain dianggap oleh google sebagai blog yang bereputasi. Ciptakan reputasi itu.

Terus perbaharui hingga seminggu

Diamkan dulu blogmu seminggu. Jangan langsung kau daftarkan, dan sambil menunggu seminggu itu, cobalah kau untuk terus menulis dan mengumpulkan tautan ke blog tersebut.

Daftarkan dan mulai kumpulkan receh

Setelah seminggu, silahkan kau daftarkan blogmu ke Google Adsense dan mulailah mengais recehanmu di internet. Jangan lupa untuk terus menulis dalam Bahasa Inggris. Semoga bermanfaat, Kawan,

0 komentar:

Posting Komentar